Apa Saja Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kesuburan Wanita?

Apa Saja Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kesuburan Wanita?

Apa Saja Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kesuburan Wanita? Mungkin itu salah satu pertanyaan yang saat ini ingin anda ketahui jawabannya. Untuk itu, anda bisa mencari jawabannya dalam pembahasan berikut ini.

Apa Saja Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kesuburan Wanita?

Nutrisi merupakan unsur penting yang tidak boleh dilupakan dalam hal menjaga kesuburan, baik itu pada wanita maupun pada pria. Setiap pasangan suami istri harus memperhatikan konsumsi nutrisi selama mereka mempersiapkan kehamilan demi meningkatkan angka probabilitas untuk hamil. Dan salah satu caranya adalah dengan mengetahui daftar makanan yang baik untuk kesuburan wanita.

Gangguan kesuburan yang terjadi pada pasangan suami istri perlu dikonsultasikan pada dokter untuk mengetahui apakah ada gangguan pada fungsi hormon atau ada kelainan pada anatomi organ reproduksi. Diperlukan perubahan gaya hidup, seperti menghindari konsumsi alkohol, tidak menjadi perokok aktif maupun pasif, mengontrol berat badan yang ideal, olahraga yang cukup dan teratur, serta mengonsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Menjaga pola makan yang baik memang berperan penting dalam upaya meningkatkan kesuburan kandungan wanita, agar cepat hamil. Dan berikut ini adalah jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita, di antaranya :

  • Ikan-ikanan

Ikan memang merupakan jenis makanan yang kaya manfaat untuk kesehatan, terutama ikan laut dalam seperti salmon, tuna, dan mackerel yang kaya akan kandungan omega 3, yang mana manfaat dan khasiatnya dapat meningkatkan kesuburan wanita. Asam lemak omega 3 membantu regulasi hormon reproduksi dan melancarkan peredaran darah ke organ reproduksi.

Carilah jenis ikan-ikanan yang kaya akan asam lemak omega 3. Ikan-ikan yang ditangkap liar atau ikan yang bukan hasil ternak di kolam atau tambak biasanya akan memiliki nilai gizi yang lebih baik kualitasnya.

Namun hindarilah mengonsumsi jenis ikan yang sudah dalam bentuk kalengan, seperti tuna kaleng, atau sarden kalengan. Karena biasanya ikan kalengan sudah diberi tambahan penyedap, pewarna, bahkan pengawet. Tidak begitu baik untuk kesehatan, apalagi bila dikonsumsi terlalu sering bahkan berlebihan.

  • Sayuran hijau

Jenis sayuran hijau seperti bayam, brokoli, selada, kale, serta sayuran berdaun hijau gelap lainnya memiliki kandungan folat dan vitamin B yang tinggi. Dan berdasarkan penelitian menyatakan, dua jenis zat gizi tersebut (folat dan vitamin B) dapat meningkatkan ovulasi.

Sayuran berdaun hijau juga tidak hanya bermanfaat bagi wanita, jenis sayuran tersebut juga baik dikonsumsi oleh pria. Karena kandungan folat juga ternyata bisa meningkatkan kualitas sperma pria menjadi lebih sehat, sehingga menurunkan risiko keguguran atau masalah genetis lainnya pada janin yang dikandungnya.

Sebuah penelitian telah dilakukan dengan meneliti 97 pria yang tidak merokok dan tidak penah memiliki masalah dengan kesuburan sebelumnya. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi lebih banyak folat mengalami penurunan jumlah sel sperma abnormal sebanyak 20%.

  • Kacang-kacangan

Penelitian telah dilakukan di Harvard School of Public Health dengan meneliti 19.000 orang wanita yang sedang mencoba hamil. Hasilnya, ditemukan bahwa wanita yang lebih sering mengonsumsi daging-dagingan serta sumber protein hewani lainnya memiliki kemungkinan 39% lebih besar untuk mengalami masalah ketidaksuburan. Sedangkan wanita yang lebih sering mengonsumsi protein yang berasal dari tumbuhan atau protein nabati, memiliki kemungkinan lebih sedikit mengalami masalah kesuburan.

Cobalah masukkan makanan dari jenis kacang-kacangan ke dalam menu makan harian anda, seperti misalnya kacang kedelai dan olahannya yaitu tahu, tempe, atau susu kedelai.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan lemak tidak jenuh. Dan lemak tidak jenuh dalam tubuh dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu, lemak tidak jenuh juga mengurangi terjadinya inflamasi di dalam tubuh. Karena inflamasi pada tubuh akan menyebabkan proses ovulasi dan pembuahan jadi terganggu. Bahkan menyebabkan masalah saat pertumbuhan dan perkembangan embrio.

  • Es krim, yoghurt

Suatu penelitian jangka panjang dilakukan terhadap 238.000 wanita yang berprofesi sebagai perawat berusia 30-55 tahun. Salah satu faktor yang diteliti adalah pola makan. Dan hasilnya mengungkapkan bahwa beberapa jenis makanan dalam diet ternyata berpengaruh terhadap ovulasi dan juga bisa meningkatkan kemungkinan untuk hamil.

Salah satunya adalah konsumsi es krim, whole milk, dan yoghurt. Konsumsi produk-produk tersebut bukan dalam jenis low fat atau skim ternyata dapat meningkatkan kesuburan. 1-2 porsi makanan yang termasuk dalam whole fat berperan dalam meningkatkan kesuburan. Namun anda disarankan tetap memperhatikan jumlah yang anda konsumsi, jangan sampai malah berbalik menyebabkan inflamasi karena kelebihan lemak.

Itulah beragam jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita. Jadi, Apa Saja Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kesuburan Wanita? Semuanya sudah disebutkan dalam pembahasan di atas.

Selain itu untuk meningkatkan kesuburan wanita, pakar kesehatan reproduksi ternama Indonesia – Boyke Dian Nugraha – merekomendasikan Ladyfem. Bukan tanpa alasan tentunya, kenapa beliau merekomendasikannya. Karena Ladyfem sudah teruji dan terbukti khasiatnya dalam meningkatkan kesuburan wanita, sudah banyak testimoninya. Kualitasnya pun tidak perlu diragukan lagi, karena Ladyfem sudah terdaftar di BPOM RI.

Baca Juga : Obat Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Obat Herbal Penyubur Kandungan Untuk Penderita Kista

Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya, atau jika anda ingin berkonsultasi, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 793 507 222

SMS/WA/Telp : 085 320 000 874

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

Posted by : Admin OBAT HERBAL POLIP

 

Baca artikel menarik lainnya :

Pola Tidur Ternyata Bisa Mempengaruhi Kesuburan Wanita
Pola Tidur Ternyata Bisa Mempengaruhi Kesuburan Wanita
Benarkah Ukuran Payudara dan Pinggul Bisa Mengukur Kesuburan Wanita?
Benarkah Ukuran Payudara dan Pinggul Bisa Mengukur Kesuburan Wanita?
Obat Herbal Yang Ampuh Menyembuhkan Kista Bartholin
Obat Herbal Yang Ampuh Menyembuhkan Kista Bartholin
Ladies, Ketahui Ciri-Ciri Penyakit Endometriosis Berikut Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *