Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Bawang putih merupakan tanaman yang sering digunakan oleh masyarakat di dunia sebagai bumbu masakan, terutama oleh masyarakat Asia. Namun selain itu juga bawang putih memiliki manfaat lain untuk kita, yaitu bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh kita ?

Berikut informasinya yang saya kutip dari sumber : segiempat.com

Bawang putih adalah penyedap masakan alami yang akan membuat makanan menjadi lebih bawang putihgurih. Namun, bawang putih memiliki khasiat yang lebih besar dari sekedar menyedapkan makanan Anda.

Di jaman lampau, khasiat bawang putih sudah dikenal sebagai obat bagi beberapa kaum dan suku di beberapa bagian dunia. Sebut saja misalnya di Mesir kuno, raja-raja Firaun selama turun temurun selalu memberikan bawang putih kepada para pekerjanya agar mereka selalu kuat dan sehat. Di negara Cina kuno juga demikian, sup bawang putih dikenal sangat manjur untuk mengobati kelelahan dan bahkan untuk mengurangi rasa sakit pada tubuh akibat pukulan dan tendangan dalam pertarungan/pertempuran.

Di era modern ini, bawang putih menjadi objek perhatian banyak peneliti di dunia. Salah satunya adalah John Milner, Ph.D dari National Cancer Institue di Amerika Serikat yang melaporkan bahwa bawang putih memiliki peranan dalam membantu mengatasi kanker.

Berikut ini beberapa khasiat bawang putih yang berhasil diteliti para ilmuwan di era modern sekarang ini:

MEMBANTU MELAWAN KEGANASAN KANKER

Menurut beberapa hasil studi yang telah dimuat dalam laporan Anti Cancer Agents in Medical Chemistry, ditemukan fakta bahwa bahwa bawang putih dapat menahan pembentukan senyawa karsinogenik dan membantu dalam prose perbaikan DNA. Senyawa sulfur yang terdapat dalam bawang putih terbukti efektif befungsi sebagai pro-oksidan pada sel-sel kanker dan bahkan mampu membantu menghancurkan sel-sel kanker tersebut.

MENYEHATKAN JANTUNG

Salah satu khasiat bawang putih lainnya adalah menurunkan hipertensi dan membantu mengurangi pembentukan plak di dinding-dinding pembuluh darah. Dari sebuah meta-analisis di Australia dilaporkan bahwa bawang putih berhasil menurunkan tekanan darah tinggi dari beberapa pasien hipertensi yang dijadikan orang coba.

Sementara itu, di sebuah studi di Molecular Nutrition & Food Research menemukan kesimpulan bahwa dengan mengkonsumsi bawang putih secara teratur dalam diet sehari-hari akan membantu dalam pencegahan aterosklerosis, yaitu peristiwa yang mendahului terjadinya serangan jantung dan stroke. Bawang putih membantu proses ini dengan mencegah pembekuan darah dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

MENGHANCURKAN RADIKAL BEBAS

Penelitian di Pakistan menyebutkan bahwa senyawa dalam bawang putih dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menghancurkan radikal bebas yang terkait dengan beberapa penyakit dan proses penuaan.

BERFUNGSI SEBAGAI ANTI MIKROBA

Dalam ilmu pengobatan tradisional, bawang putih dikenal sebagai obat yang ampuh untuk membunuh parasit dan mengatasi infeksi ringan. Zat yang berfungsi sebagai antimikroba dalam bawang putih ini adalah senyawa-senyawa sulfur seperti allicin, beberapa protein, saponin dan senyawa fenol.

MENURUNKAN KOLESTEROL

Penelitian menemukan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan jumlah kolesterol HDL. Hal ini disebabkan adanya komponen allicin dan senyawa-senyawa turunannya yang dapat menghambat pembentukan kolesterol di hati.

Jadi, selain digunakan untuk bumbu masakan oleh para kaum hawa di dapur, ternyata bawang putih ini memiliki manfaat lain yang tidak kalah baiknya untuk kesehatan tubuh kita. Semoga informasi mengenai manfaat bawang putih untuk kesehatan ini bermanfaat bagi kita kelak.

Baca Juga Artikel Lainnya :

  • Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan

  • Bahaya Dehidrasi Pada Masa Haid

  • Bahaya Makanan Kaleng Bagi Kesehatan

 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *