Manfaat Mengunyah Permen Karet

Manfaat Mengunyah Permen Karet

Banyak kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan itu memiliki manfaat, akan tetapi kita tidak pernah  menyadarinya seperti manfaat mengunyah permen karet. Diantara kita mungkin tidak ada yang pernah dalam pikirannya terbesit bahwa mengunyah permen karet itu bermanfaat bagi kesehatan, akan tetapi ternyata mengunyah permen karet itu memiliki manfaat untuk kesehatan kita.

Permen karet adalah permen yang disukai siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan yang telah lanjut usia sekalipun. Boleh dikatakan permen karet termasuk permen yang unik, karena Anda dapat membuat gelembung dari permen tersebut. Dan tahukah Anda, selain membuat gelembung, ternyata permen karet juga memiliki banyak manfaat.

permen karetMengunyah permen karet yang tidak mengandung gula, memiliki manfaat untuk kesehatan, mampu mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, mengurangi kecemasan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Seperti itulah manfaat mengunyah permen karet, selain itu sebuah penelitian juga menemukan bahwa efek permen karet dapat meningkatkan kemampuan kognitif Anda. Jadi, jika Anda akan menghadapi ujian atau akan melakukan presentasi penting pada atasan Anda, kunyahlah permen karet terlebih dahulu.

Apakah permen karet dapat menambah kinerja intelektual?

Nah, sebuah studi yang dilakukan oleh sebuah tim di AS menunjukkan manfaat dari permen karet dalam kapasitas intelektual. Dengan mengunyah permen karet, Anda dapat mengambil manfaat, tetapi hanya dalam kondisi tertentu.

Serge Onyper, seorang profesor psikologi, melakukan percobaan dengan 224 relawan, kemudian relawan tersebut dibagi menjadi tiga kelompok dan diberi tugas untuk melakukan serangkaian tes. Kelompok pertama telah mengunyah permen karet lima menit sebelum melakukan tes, kelompok kedua dibolehkan mengunyah permen karet pada saat tes berlangsung, dan kelompok ketiga harus melakukan tes tanpa mengunyah permen karet.

Manfaat mengunyah permen karet – Hasil tes menunjukkan bahwa nilai tertinggi diperoleh kelompok pertama, yaitu kelompok yang mengunyah permen karet lima menit sebelum melakukan tes. Mereka mendapat keuntungan dari perubahan fisiologis yang berhubungan dengan gairah moderat, terutama dalam tes memori. Manfaat mengunyah permen karet akan meningkatakan ingatan atau memori Anda, akan tetapi hanya bertahan selama 15 sampai 20 menit setelah permen karet dikunyah, setelah itu pengaruh mengunyah permen karet akan hilang. Menurut ahli, ketika Anda mengunyah, maka darah akan mengalir ke otak, sehingga kemampuan otak meningkat dalam periode waktu yang singkat. Bertambahnya pasokan darah ke otak, mampu memicu otak sehingga meningkatkan tenaga fisik kecil.

Namun, kegiatan mengunyah permen karet pada saat tes itu sendiri, seperti yang dilakukan kelompok kedua, tampaknya sama sekali tidak bermanfaat. Alasannya adalah karena sumber daya tubuh harus dibagi antara kegiatan mengunyah dan kegiatan berpikir. Dengan kata lain, Anda tidak bisa mengunyah permen karet dan berpikir pada saat yang sama.

Manfaat mengunyah permen karet – Mengunyah permen karet dapat dikatakan sebagai sebuah aktivitas fisik. Walaupun menggunakan energi yang cukup kecil, tindakan mengunyah dianggap sebagai aktivitas fisik oleh para peneliti. Mengunyah meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Aktivitas fisik yang kurang intens itu dapat menghasilkan efek pada intelektual Anda.

Permen karet akan menguntungkan bagi fungsi otak tertentu, asalkan dengan pengunyahan yang benar. Mengunyah permen karet juga dapat diterapkan sebagai program untuk mencegah masalah kesehatan mental yang berkaitan dengan Alzheimer pada pasien usia lanjut.

Jadi, ternyata kebiasaan  yang sering kita lakukan yang kita anggap biasa-biasa itu memungkinkan ada manfaatnya, seperti mengunyah permen karet, yang tidak pernah kita ketahui memiliki manfaat.

Demikian informasi mengenai manfaat mengunyah permen karet yang saya kutip dari sumber : segiempat.com . Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi kita.

Sumber : segiempat.com

Baca Juga Artikel Lainnya :

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *